Senin, 28 Februari 2011

TIPS MERAWAT NOTEBOOK ATAU PC

Tips termudah adalah yang paling efektif. Kurangi cahaya latar belakang display (backlight) karena lampu ini merupakan salah satu pemboros energi terbesar. Pada Byxx, trik ini Anda lakukan melalui kombinasi tombol [Fn] + [F4]. Pada tombol [F4] ini terdapat gambar matahari dan segitiga yang mengarah ke bawah. Langkah ini dapat mengurangi konsumsi daya sebesar 4Watt.

Secara keseluruhan,langkah di atas menawarkan penghematan energi hingga 20%. Namun, cara ini ada kekurangannya. Paa sumber cahaya yang kuat, layar display yang gelap akan sulit dibaca. Seberapa jauh Anda dapat mengurangi kecerahan display tergantung pada situasi dan kondisi cahaya ruangan.
Harddisk
Untuk menjaga konsumsi daya serendah mungkin, minimalkan akses ke hard disk. Pertama, uninstall semua program yang tidak diperlukan. Kedua, defragmentasi hard disk secara teratur.

Sekarang, kita menuju ke Energy-Settings. Di sini, kami menyarankan untuk menggunakan mode Sleep pada hard disk. Saat notebook berada dalam kondisi standby, konsumsi dayanya hanya 1 Watt. Dengan tools Notebook Hardware Control (www.pbus-167.com), Anda dapat mengatur berbagai mode hemat energi, misalnya setelah berapa lama hard disk harus berpindah ke mode standby. Dalam praktinya, 10 menit adalah angka yang tepat. Sebaiknya tidak kurang dari 10 menit karena hard disk akan menjadi sering hidup-mati sehingga sangat mengurangi usianya.

Anda dapat menghemat lebih banyak lagi dengan hard disk SSD (Solid State Disk). Hard disk semacam ini memang mahal, tetapi mampu mengurangi konsumsi daya hingga 5 Watt. Hard disk SSD baru biasanya kompatibel dengan semua model notebook yang umum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar